Halaman

Minggu, 24 Februari 2013

Resensi Buku: Mukjizat Shalat Malam; Meraih Spiritual Rasulullah


1

   .       Identitas Buku
Judul Asli : Qiyam Al-Lail wa Al-Munajat ‘inda Al-Sahr
Pengarang : Sallamah Muhammad Abu Al-Kamal
Penerjemah : Irwan Kurniawan
Penyunting : Toto Edidarmo
Penerbit : Mizania
Tahun Terbit : 2006
Uraian Cetakan:- Cetakan I, Juli 2006/ Jumada Al-Tsaniyah 1427 H
                      - Cetakan III, Desember 2006/ Dzulhijjah 1427 H
                      - Cetakan IV, Januari 2007/ Dzulhijjah 1427 H
Ukuran Buku : 13 cm x 20,5 cm
Tebal/Jumlah Halaman : 268 halaman

2.     Gambaran Isi Buku
Bangun (shalat) malam dapat menebus kesalahan, mencerahkan hati dan pikiran, serta menghilangkan berbagai penyakit jasmani dan rohani. Dengan shalat malam, orang yang berdosa akan diterima tobat dan istighfarnya. Rasulullah Saw. bersabda, “Sungguh pada malam hari ada satu waktu. Jika seorang Muslim memohon kebaikan kepada Allah agar diperbagus urusan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut, niscaya Dia akan memberinya. Waktu tersebut ada pada setiap malam.” Allah Swt. merahasiakan waktu tersebut kepada kita semata-mata agar kita memohon kepada-Nya pada seluruh waktu malam, sebagaimana Dia merahasiakan lailatul qadar kepada kita.
Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah). Banyak kaum Muslim sudah tahu bahwa shalat tahajud sangat dianjurkan. Bahkan, Allah sendiri menyuruh Rasul-Nya untuk melakukan shalat ini sebagai ibadah utama yang akan mengangkat derajatnya ke tempat terpuji (QS Al-Isra’ [17]: 79). Namun, harus diakui, amat sedikit kaum Muslim yang mampu meneladani akhlak agung Rasulullah itu. Penyebabnya beragam. Ada yang kurang memahami keutamaannya, ada yang kurang disiplin dalam mengatur waktu, dan ada juga yang kurang merasakan manfaatnya secara konkret. Buku ini menyajikan bukan sekadar tata cara shalat malam, melainkan juga berbagai hikmah dan manfaatnya, kiat-kiat efektif agar mudah melakukannya, adab-adab yang mesti dijaga, serta kisah-kisah teladan yang memotivasi kita agar mampu menegakkan shalat malam dengan penuh gairah. Agar kita mampu merasakan kenikmatan beribadah dan berkomunikasi dengan Tuhan Yang Maha Kasih.

3.     Bahasa Buku
Gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat menarik. Indah, deskriptif, dan mengalir serta mampu membuat pembaca terbawa arus ke dalam kisah-kisah teladan shalat malam Rasulullah dan para sahabat. Buku ini juga memuat beberapa syair indah yang memberikan kesan tersendiri bagi para pembacanya, meskipun beberapa kata dalam syair ini diambil dari istilah bahasa Arab yang tidak semua orang memahaminya. Struktur kalimat yang digunakan juga sederhana sehingga pembaca mudah memahami maksud dari penulis. Namun, tetap tidak mengurangi keindahan bahasa dan diksi yang digunakan. Beberapa ungkapan juga diriwayatkan dari Al-Quran dan As-Sunnah dengan sumber yang dicantumkan jelas.

4.     Analisis Tinjauan Buku
Buku ini bukan hanya membahas mengenai tata cara shalat malam, melainkan juga manfaat dan hikmahnya, adab tidur dan bangun, doa-doa Rasulullah, serta kisah-kisah teladan Rasulullah dan para sahabat yang dapat menginspirasi kita semua. Bahasa yang mengalir membuat pembaca tidak akan merasa bosan dan jenuh, justru akan tertarik untuk terus melanjutkan membaca buku ini. Penulis menjelaskan pokok demi pokok bahasan dalam buku ini secara sistematis dan komunikatif, sehingga pembaca tidak merasa digurui ataupun merasa sedang membaca buku panduan. Penulis seolah-olah bercerita langsung mengenai shalat malam, juga kisah-kisah Rasulullah dan para sahabat yang teguh dalam prinsip mereka untuk tidak meninggalkan shalat malam. Kita akan dibuat kagum akan kisah-kisah teladan tersebut dan mengingat ibadah yang telah kita lakukan selama ini, tentu saja dengan perasaan ingin terus meningkatkannya. Penulis berhasil membuka hati dan pikiran para pembaca untuk terus beribadah kepada Sang Pencipta.

5.     Saran Untuk Dipertimbangkan Kepada Calon Pembaca
Sungguh shalat Malam merupakan puncak spiritualitas para Nabi dan Rasul yang layak kita teladani. Jika kita ingin meraih kemuliaan derajat mereka, selayaknya juga kita meneladani akhlak mereka. Buku ini bisa dijadikan teman pembimbing yang tepat untuk mencapai tujuan kita tersebut.

1 komentar:

  1. TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal Dapatkan harga promo meyambuk hari natal tahun baru Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000

    BalasHapus

komentar anda, semangat saya :)))