Sebuah Catatan #3: Mahasiswa? -part2

Setelah lama mengulur waktu, akhirnya kesampaian juga nulis sambungan dari catetan ini. Udah lama banget, karena part1-nya aku post 22 Januari lalu: Sebuah Catatan #2: Mahasiswa? -part1
Oke, aku lanjut ya

SBMPTN sudah berakhir. Satu-satunya yang bisa dilakukan sekarang ya berdoa. Nunggu. Aku masih percaya banget sama The Power of Words, aku percaya bahwa tulisan-tulisan yang aku tempel hampir di seluruh bagian dinding kamar bakal merubah hidup aku. Bakal jadi kenyataan. Iya, saat itu tulisan 'Unpad' bertebaran di kamar.
Nah, inget postingan ini: 'Wake up and realize your dreams!' ? Di sana jelas banget kalo aku jatuh cinta sama UPI, bukan Unpad, tapi entah kenapa aku nulis Unpad di pilihan pertama, kedua dan ketiga barulah UPI. Mungkin karena upi nolak aku pas snmptn (pundung ceritanya), mungkin terpengaruh sama beberapa orang teman, dan orang tua juga.

Tapi ternyata UPI masih ada di hati kecil aku *lebay, dan saat penantian pengumuman SBM, aku mendadak ingin masuk sana. Ingiiin banget. Awalnya, gini...
2 Juli 2013, DKM SMA 25 ngadain rihlah ke Dago Pakar - Maribaya, dengan semangat 45, aku ngajuin diri buat ikut. Yah, aku stress mikirin hasil sbm terus, aku mau refreshing!!! *lebay lagi
Yang mau dibahas sih bukan rihlahnya, tapi sebuah tempat yang kita lewati saat perjalanan pulang. Tepat di belokan jalan Setiabudhi. Dari bus, aku bisa ngeliat kampus UPI yang khas banget sama gedung Isolanya, juga Al-furqonnya. Di sanalah, hati kecil aku bicara. Di sana juga, aku mulai galau lagi.
Tiba-tiba Nae, temen sebangku di bus heboh. "Nad nad pengumuman sbm dimajuin jadi tanggal 8 Juli!", katanya. Aku ikut heboh, aku liat twitter di hpnya nae. Bener. Dimajukan jadi tanggal 8 Juli, dari semula 12 Juli, agar para peserta fokus menjalani ibadah puasa. Gitu katanya. It means, 6 hari lagi sodara-sodara! Yah, sebenernya ga ngaruh juga sih, karena cepat atau lambat kita pasti bakal tau gimana hasilnya. Tapi, kalo tanggal 12 tuh kesannya masih lama, lebih dari seminggu lagi, tapi tanggal 8? Heuh. Terus aku ngobrol-ngobrol sama nae seputar sbm, kata nae, kalo berdoa itu harus spesifik, jadi aku harus punya tujuan. Saat itu aku udah tau tujuanku kemana.

Sampai rumah, aku  cabut semua tulisan Unpad yang aku tempel di dinding kamar, sampai Mamah nanya, "Da, kok pada ilang tulisan-tulisannya?".
"Hehe, mau aku ganti sama target-target yang baru." Jawaban paling singkat yang bisa aku kasih saat itu. Tapi nyatanya, dinding-dinding kamar masih tetep kosong sampai hari itu, 8 Juli 2013. Selama 6 hari aku berdoa bener-bener dan minta sama Allah, aku ingin kuliah di UPI, kembali ke cita-cita awal aku. Fix.

8 Juli 2013.
Aku nganter mamah ke rumah sakit, seharian. Seharian itu juga aku ngobrol sama mamah. Aku cerita kalo aku takut, aku takut nggak berhasil di perjuangan aku yang emang kurang banget. Aku tetep tegang biarpun mamah udah berulang kali bilang bahwa apapun hasilnya, itu yang terbaik. Sampai rumah jam 3 sore, 2 jam sebelum pengumuman dibuka. Dan seperti biasa, 2 jam, nggak kerasa. Jam lima tiba. Dengan jantung berdebar aku buka website pengumuman sbm. Mulai berkaca-kaca, aku ketik tanggal lahir. Mulai nangis, aku ngetik nomor pendaftaran yang udah hafal luar kepala. Cengeng banget asli! Abis itu parahnya lagi, aku ga berani neken tombol enter!!!
Tapi akhirnya aku enter juga, dan semakin nangis liat apa yang ada di layar monitor.
Aku nangis banget liat iniii, bertiga sama mamah sama Ilman. Cengeng banget asli, hahaha. Sms berdatangan, sodara, temen-temen, dan kali ini aku bisa senyum sambil bilang terimakasih sama mereka semua yang selalu dukung dan doain aku. Aku juga kasih tau rida bahwa kita bakalan ngelanjutin taun-taun selanjutnya bareng lagi, nerusin cerita yang udah kita jalanin selama 3 taun di SMA.
Maghrib itu jadi maghrib yang indah. Ramadhan taun itu juga indah. Malem papah pulang, dia meluk aku, mudah-mudahan aku bisa terus bahagiain mereka.
Tapi, aku juga sedih. Sedih karena beberapa temen aku belum berhasil. Tapi aku yakin kok mereka pasti bakal berhasil, cuman beda waktu aja. Lagian kan ini baru awal, aku yakin suatu hari kita bertemu dan kita udah sama-sama sukses.

Well, sekarang, status pengangguran udah lewat. Mahasiswa? Iya, ini status baruku, biarpun belum terbayang akan seperti apa selanjutnya. Catatan apa lagi yang nantinya akan tertulis. Yang jelas, Ilmu Komputer akan jadi tempat aku berjuang selanjutnya. See you :)

Aku, Rida, di halaman Isola :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume RE: Menyolder, Membuat Rangkaian Seri dan Paralel

#Sistem Basis Data: E-Ticketing Kereta Api

Tutorial CorelDraw (Membuat Kartu Ucapan Sederhana)