take your time ;)

Hello blogger, kali ini aku bakal bahas tentang WAKTU, karena ternyata topik ini menarik banget buat kita telusuri. Hari Sabtu kemarin, seperti biasa aku latihan pramuka, dan materi hari itu tentang manajemen waktu. Pemberi materinya kang Braja, wuih, aku suka banget nih materi kali ini. Makanya, aku pikir gak ada salahnya buat berbagi ilmu yang baru aku dapat ini sama teman-teman blog.

Pernah terpikir gak sih sama kalian, apa yang dimaksud dengan waktu? Atau yaa definisinya gitu...? Jujur aku bingung banget loh ngejawab pas kang Braja nanya ini.
Waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Tapi menurut teman-teman Pramuka penggalang, waktu itu perubahan.. nah lo, aku bingung banget deh pokoknya... Oke, biar ga jenuh, aku ajak kalian jalan-jalan ke masa lalu bentar deh..semoga aja setelah ini bisa dapat titik pencerahan >>>>

Waktu kita duduk di kelas 4 Sekolah Dasar, kita belajar tentang benda-benda 2 Dimensi seperti lukisan, poster, foto.. Benda-benda tersebut hanya bisa dilihat dari satu sisi. Nah, kita naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi hingga kelas 7 Sekolah Menengah Pertama, di sini kita belajar tentang benda-benda 3 dimensi, mereka memiliki ruang, dapat dilihat dari berbagai sisi.
Daaaan kita kembali lagi ke topik awal kita, waktu!!! Waktu ternyata merupakan dimensi tambahan... yaitu dimensi 4! Hmm.. gatau deh kayak apa bentuknya, hehe. Kita semua tentunya tau bahwa waktu nggak bisa diulang. Tapi, Einstein bilang ada kemungkinan bahwa waktu itu bisa diulang, waw..siapa coba yang nggak percaya sama Einstein? Teori tersebut dinamakan teori Lubang Cacing. Dalam teori tersebut dikatakan adanya kemungkinan bahwa waktu dapat diulang, dengan syarat harus bisa melebihi kecepatan cahaya. Sekarang, timbul deh pertanyaan baru : Berepa sih kecepatan cahaya? Kecepatan cahaya adalah
3.108m/s. Kenapa? Keliatan pendek ya? Oke, kita perjelas... 300.000.000 m/s. Alias Tiga Ratus Juta meter per sekon!!! Subhanallah.. aku aja gak bisa bayangin segimana cepetnya. Pernah sih, ada yang berhasil memindahkan suatu benda menyamai kecepata cahaya, tapi apa yang terjadi? Setelah benda tersebut berpindah tempat, ia sudah tidak berbentuk, berubah menjadi debu..saking cepatnya. Ckckck.. kalo ada yang berhasil melebihi kecepatan cahaya dan utuh sih bisa ngulang lagi waktu kali, hehe.

Nah, untuk me-manajemen waktu, kita bagi kegiatan kita menjadi 4 macam. Penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak. Yang harus kita kurangi adalah yang terakhir tadi. Nggak penting dan nggak mendesak, dikurangi aja. Aku sadar bahwa minggu kemarin banyak banget kegiatan tidak bermanfaat yang aku lakukan. Kang Braja menugaskan kami buat menuliskan kegiatan apa aja yang sudah dilakukan selama satu minggu. Dan ternyata diantara hal-hal penting yang aku kerjakan, terselip juga : mengkhayal, ngomongin orang, ngelamun. Ih..malu-maluin ya? Yaudahlah, dari sekarang kita rubah semua kebiasaan jelek tersebut menjadi hal yang lebih bermanfaat ;))

Inget! Take Your Time. It will change your life ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Sistem Basis Data: E-Ticketing Kereta Api

Resume RE: Menyolder, Membuat Rangkaian Seri dan Paralel

Tutorial CorelDraw (Membuat Kartu Ucapan Sederhana)