Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2011

Tutorial Photoshop (Memberi Warna Pada Foto Hitam Putih)

Gambar
Foto berwarna dijadikan hitam putih, itu biasa. Memberi warna pada foto hitam putih? Nah, ini menurutku agak rumit ya, tapi kalo bisa dipelajari, kenapa enggak? Aku punya sebuah foto hitam putih yang ingin diberi warna, ini dia fotonya:


Berikut langkah-langkahnya :
-Klik tool 'Polygonal Lasso' yang berada di kotak sebelah kiri
-Tarik garis polygonal lasso mengelilingi bagian yang akan diwarnai hingga kedua ujung garis bertemu dan menjadi garis putus-putus yang terlihat bergerak.
Jika ada lebih dari satu bagian yang memiliki warna sama (misalnya warna kulit) namun letaknya terpisah, tekan 'Shift' pada keyboard dan mulailah mengelilingi bagian lain yang akan diwarnai tersebut.
-Jika sudah, klik menu 'Layer'
-Pilih New
-Pilih Layer Via Copy
Cara tersebut di beberapa Photoshop bisa dilakukan dengan hanya menekan 'Ctrl+J'
-Kini kita memiliki layar baru yang biasa disebut 'Layer 1'
Pastikan kita sedang bekerja pada Layer 1 dengan mengklik Layer tersebut di kota…

Tutorial Photoshop (Merubah Warna Foto)

Gambar
Tutorial kedua. Hehehe. Oya, aku lupa bilang, yang bikin aku jadi seneng ngepost tutorial kayak gini tuh temen-temen aku. Melinda sama Rahdam. Terimakasih untuk inspirasinya teman ;)

Di sini, tugas kita gampang banget, hanya merubah warna. Misalnya pada foto ini :


-Klik menu 'Image'
-Pilih Adjustments
-Pilih Color Balance
Oke, di sana kita tinggal menggeser 'color levels' nya. Kalau mau jd merah, geser ke arah tulisan Red, biru ke Blue, dan lainnya.
Ini Contohnya, aku edit ke warna hijau :


Ah, gimana? Gampang kan ya? Selamat berkreasi ;) Dan jangan lupa untuk selalu tunggu tutorial selanjutnya...

Tutorial Photoshop (Membuat Foto yang Gelap Menjadi Lebih Terang)

Gambar
Yap, kali ini aku bakal kasih salah satu cara untuk menerangkan foto yang gelap menggunakan Photoshop. Hmm...sebenernya sih ini masih dasar banget, maklum, masih belajar. Tapi semoga bermanfaat ya ;)

Pertama, kita sudah punya satu foto yang gelap. Ini dia :


Foto ini akan sedikit diterangkan. Caranya sederhana sekali.
-Klik menu 'Image'
-Pilih Adjustments
-Lalu pilih Curves
Setelah itu akan muncul sebuah kotak dengan kurva di mana kita bisa mengatur terang gelapnya gambar. Tinggal klik dan tahan garis diagonal pada kurva, lalu sesuaikan terang gelapnya. Ini contoh jadinya :
Gimana? Lebih terang kan?

Ternyata, masih ada cara lain yang lebih sederhana. Tapi cara ini lebih enak digunakan pada gambar yang ingin diterangkan secara merata.
-Klik menu 'Image'
-Pilih Adjustments
-Pilih Shadow/Highlight
Selesai. Mudah kan? Sebenarnya masih bisa diatur sendiri kok, tinggal geser2 aja, tapi dengan klik itu saja sudah terang kan? Nah, ini contoh hasilnya dengan Shadow/Highlight :
Waaaah, kini g…

BERMIMPILAH!

Gambar
Mengapa harus takut bermimpi besar?


Mengapa harus takut berharap meraih prestasi puncak?


Mengapa harus ragu bercita mendapat nilai tertinggi?





(Kiat Menjadi Pelajar Berprestasi yang Dirindukan Surga - halaman.32)

Misteri Tidur antara Pergantian Siang dan Malam

Gambar
Hello Blogger ;) Hmm... sedang ada topik menarik yang ingin aku share dan bahas di sini, yaitu tentang waktu tidur yang katanya kurang baik. Ada yang pernah denger gak, kalau setelah Ashar atau mungkin antara pukul 16:00 sampai setelah Isya atau pukul 19:30, kita tuh nggak dianjurkan untuk tidur. Wah...emang kenapa sih? Padahal, jujur aja, jam segitu tuh jam yang paling senggang buat istirahat dan seringkali berlanjut ke tidur, menurutku sih, hehe. Emang, ada apa sih antara jam segitu sampai gak dianjurkan buat tidur?

Pertama denger kabar ini sih, waktu SD, tau dari guru ngaji. Tapi sayangnya waktu itu beliau gak ngejelasin alasannya, dan itu bikin anak-anak SD malah merasa ditakut-takuti dan 'tertantang' untuk mencoba. Mereka bukannya jadi tau, tapi malah jadi nggak percaya. Eit, lama-lama kabar itu aku buktiin sendiri. Entah berawal dari kapan, yang jelas masih SD juga. Waktu itu aku tidur setelah Ashar dan bangun sekitar Maghrib. Saat tidur, aku mimpi kekurung di sebuah kast…