Laman

Selasa, 31 Maret 2015

Hari terakhir di bulan Maret. Makasih mba iput, cipaul, dan c2 udah bikin kaget kemarin siang. Kuenya enak, tp kurang banyak wkwk *gatau malu, udah dikasih juga ._.

Minggu, 29 Maret 2015

Fenomena Lemahnya Iman dan Cara Menguatkannya

"Namanya juga manusia, lah. Wajar kalau imannya naik turun"
Iya, sih. Aku sering banget denger kalimat itu, malah dulu sering bilang kayak gitu. Sebagai manusia (fyi: aku manusia loh), aku juga merasakan hal itu dan kadang aku menyadari sebabnya, kadang juga tidak.

Pernah, ada situasi dimana aku ngerasa males buat ibadah. Setelah yang wajib tuntas, selesai. Kadang kalo lagi gitu, yang wajib pun terasa berat. Pernah selepas salat maghrib aku bicara sendiri sama Allah, maaf Ya Allah aku lagi males tilawah, nanti lagi ya. Parah kan :(
Yang tadi itu, aku rasa sih dari diri aku sendiri yang nggak mau ngelawan bisikan-bisikan sesat.

Satu lagi, biasanya terjadi kalau lagi sibuk banget. Sebenernya aku tau mana yang harus didahulukan, tapi kenyataannya? Aku cupu banget :( Sampai bener-bener kesindir sama ini:

Iman itu, bagi muslim seperti pakaian. Ia mengalami fluktuasi, naik turun yang tak tentu. Kalimat yg paling atas tuh bener sih, tapi bukan jd alasan buat manusia untuk pasrah di keadaan lemahnya iman tersebut. Kita kan wajib berusaha ya. Nah, ini dia fenomena lemahnya iman yang harus kita waspadai:

1. Terjerumus dalam kemaksiatan: Jika kau terjatuh ke dalam lubang, segeralah naik kembali. Jika kau terjerumus ke dalam kemaksiatan, cepat-cepatlah sadar dan bertaubat.

2. Tidak tekun dan bermalas-malasan dalam beribadah. Tekun: khusyu, tidak dalam keadaan jiwa yang kosong.
"Tidak akan diterima doa dari hati yang lalai dan main-main"

3. Memudarnya tali ukhuwah

Kalau sudah terjadi fenomena-fenomena tersebut dalam diri manusia, segeralah lakukan hal-hal yang bisa memperkuat iman:
1. Menuntut Ilmu (Q.S Fatir : 28)
2. Menyimak dan mentadaburkan ayat
3. Dzikir (mengingat Allah)
4. Mengingat keagungan-keagungan Allah (Q.S Al-Ahzab : 21)
5. Aktivitas yang mengacu pada merenungkan Allah
6. Mengikuti dan berkomitmen untuk Halaqah dzikir
7. Memperbanyak amal shaleh: Menyegerakan, istiqomah, mengulang
8. Berharap amalnya diterima Allah dan merasa cemas jika tidak diterima
9. Melakukan berbagai macam ibadah
10. Dzikrul maut (mengingat kematian)
11. Mengingat akhirat
12. Bermunajat kepada Allah
13. Tidak berangan-angan secara muluk-muluk
14. Memikirkan kehinaan dunia
15. Mengagungkan hal-hal yang sempurna di sisi Allah
16. Saling tolong menolong dan loyal sesama muslim
17. Tawadhu (rendah hati)
18. Muhasabah diri (Q.S Al-Hashr : 18)
19 Doa (Q.S Al-Baqarah : 186)

Mudah-mudaha kita bisa menjaga iman kita dan selalu dekat dengan Allah. Saling menguatkan ya :')

sumber: materi liqo 24/02/2012 (salam kangen buat afroza hadirah )

Peta Konsep Linux Shell dan Scheduling


Jumat, 20 Maret 2015

Baik

Berubah itu, harus dilakukan ke arah yang lebih baik, dan dengan cara yang baik.
Semangat menjadi lebih baik, sahabat. Saling mengingatkan dalam kebaikan :)

Kamis, 05 Maret 2015

Disuruh istirahat. Bentar, semoga. Makasih buat semua yang udah ngerti :')