Halaman

Rabu, 19 November 2014

Ah, nggak nggak.
Semangat yah, kesempatan masih ada kok. Kuatkan tekad.
Semangat, SEMANGAT! :D
Yaaa gitu, kejadiannya terulang hampir tiap minggu, dan 2 minggu ini yang terparah. Jelas salah, bukan minta maaf tiap minggu yang harus dilakukan, tapi perbaiki supaya minggu depan gak perlu salah dan minta maaf lagi.

Iya, tuh tau, kok diulang lagi.

Nad ._. greget aku sama kamu nad #ngomong_sendiri #maklum_udah_malem

Senin, 17 November 2014

Semangat yah :')

Jangan sedih, kamu tuh berarti banget buat kita... Sedih itu nular loh :(

Iya, kamu yang tadi curhat meskipun singkat banget.

Senin, 10 November 2014

Minggu ini... ah, maafin aku yah

Jumat, 07 November 2014

Celoteh Mahasiswa Semester 3

Kegiatan padat, jadwal main terkuras, tugas ngalir kayak air yang keluar dari keran. Ih, itu banget. Kayaknya semua anak semester 3 ngerasain deh. Pulang ke rumah malam hari untuk sekedar 'numpang istirahat' kemudian berangkat lagi keesokan subuhnya. Kadang dapet sedikit sindiran dari orangtua yang intinya suruh kurangi kegiatan, agak merasa bersalah mendengarnya meskipun sindiran itu terucap diiringi senyum. Maafin bu :')

Tapi selalu ada suka di sela duka, kan? -cie
Banyak hal di semester 3 ini yang gak luput buat disyukuri, apalagi ketika ada waktu luang, waktu itu tuh jadi kerasa berharga banget.
Beberapa hari yang lalu aku sama beberapa orang temen, seperti biasa nugas di sebuah ruangan di gik. Dan temenku masih sempet nemu yang gini:


Itu tuh pohon di depan gik, tapi bayangannya kayak bentuk love gitu, haha lagi dikejar deadline aja masih sempet2nya foto2 pohon! Tapi gak tau, justru hal-hal kayak gitu, yang biasanya gak penting, jadi berharga banget sekarang.

Terus kemarin, dateng ke kampus jam 7 pagi, langsung nugas alin, lanjut lagi disweb dari jam 11 sampai jam 1 lewat 10 menit (padahal masuk jam satu) dan parahnya tuh kita ngerjain di mipa b sedangkan kuliah di gik -FYI mipa b ke gik itu gak jauh sih cuma 5 menit tapi agak nanjak gitu- Baru aja aku, mba iput sama syifa beberapa langkah dari mipa b, hujan menyambut, intensitasnya meningkat dalam beberapa detik doang, gede. Kita langsung ambil ancang-ancang, lari sambil nutupin kepala pake jaket angkatan -yang kayaknya gak tembus air- Seneng banget, asli. Ketawa gak berhenti, meskipun jibrug. Ngerasa kayak anak sd yang lagi main hujan-hujanan, ngerasa gak punya tugas apa-apa sebagai mahasiswa semester 3, hhaha. Sampai di gik langsung masuk kelas, dan maksa husni presentasi desain web, maaf hehe, alhasil kelompok kita dapet nilai tambah. Makasih banyak kalian yang udah berjuang, maaf aku gak bantu banyak~

Hadiah hari ini, dosen di mata kuliah terakhir berhalangan hadir. Aku langsung melesat pulang, dan seneng banget bisa sampai rumah sebelum gelap, meskipun dibilang 'tumben' sama orang-orang rumah. Seneng juga karena sempet cerita beberapa hal sampai ketawa susah berhenti, seneng bisa pulang dan bukan hanya 'numpang istirahat'.

Satu lagi, di tengah fluktuasi iman, aku juga punya lingkaran yang selalu menguatkan. Itu, satu hal yang gak dimiliki semua orang, yang patut disyukuri setiap waktu.

Semangat, semester 3 baru setengah jalan! :D

Kamis, 06 November 2014

#Sistem Basis Data: E-Ticketing Kereta Api



E-ticketing atau tiket elektronik adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktivitas perjalanan pelanggan tanpa harus untuk mengeluarkan dokumen berharga secara fisik. E-ticketing mempermudah pelayanan masyarakat untuk mendapatkan tiket dengan cepat. E-ticketing juga memberikan solusi terhadap masalah-masalah penyebab kepadatan penumpang yang tinggi di stasiun-stasiun untuk mengantri pemesanan tiket kereta api. Dari segi biaya, e-ticketing dapat membantu mengurangi biaya proses pembelian tiket karena kita tidak perlu datang ke tempatnya langsung. Hanya cukup menggunakan fasilitas komputer dan internet atau pun telepon. Dan hal tersebut tentu saja akan menghemat waktu serta dapat mengoptimalkan kenyamanan bagi si penumpang.

Akan tetapi, dibalik keunggulannya, e-ticketing juga mempunyai kelemahan yaitu masih banyak masyarakat yang belum bisa memanfaatkan keuntungan dari sistem e-ticketing ini karena pengetahuan tentang internet yang masih terbatas.

Flowchar E-Ticketing Kereta Api







Pada flowchar  tersebut, dijelaskan alur yang dilalui user dalam melakukan pemesanan tiket kereta api. Pertama, saat memasuki halaman utama terdapat 3 pilihan menu, jika memilih menu reservasi, maka user diharuskan untuk login terlebih dahulu. Setelah itu, barulah pemesanan bisa dimulai. User diminta untuk memilih kelas, kereta, keberangkatan, dan jumlah kursi yang ingin dipesan. Kemudian data tersimpan. Kemudian user bisa memilih apakah akan kembali ke halaman utama, atau bisa mengakhiri dengan logout.


ERD E-Ticketing Kereta Api








Pada ERD di atas, terdapat 4 buah entitas yaitu:

A.      Pemesan

Entitas ‘pemesan’ memiliki beberapa atribut, yaitu id_pemesan, nama, dan alamat. Dalam entitas ini, primary key nya adalah id_pemesan, ditandai dengan garis bawah dalam ERD.



B.      Tiket

Entitas tiket ini sekaligus menjadi relasi yang menghubungkan entitas pemesan dan kereta dengan kardinalitas banyak ke banyak. Atribut-atributnya adalah id_tiket (sebagai primary key), id_pemesan, id_kereta, kelas, jadwal, dan no_kursi.



C.      Kereta
Entitas ‘kereta’ memiliki beberapa atribut, yaitu id_kereta, tujuan, dan keberangkatan. Dalam entitas ini, primary key nya adalah id_kereta, ditandai dengan garis bawah dalam ERD.


D.     Gerbong
Entitas ‘gerbong’ memiliki beberapa 2 atribut yaitu id_gerbong sebagai primary key, dan jumlah kursi.

SQL E-Ticketing Kereta Api
Dari ERD di atas, didapatkan SQL sebagai berikut:

create table pemesan(
            id_pemesan varchar2(10) not null,
            nama varchar2(20) not null,
            alamat varchar2(30) not null,
            constraint pk_pemesan primary key (id_pemesan)
);

create table kereta (
            id_kereta varchar2(10) not null,
            tujuan varchar2(20) not null,
            keberangkatan varchar2(10) not null,
constraint pk_kereta primary key (id_kereta)
);

create table gerbong(
            id_gerbong varchar2(10) not null,
            jumlah_kursi number (10) not null,
constraint pk_gerbong primary key (id_gerbong)
);

create table tiket (
            id_tiket varchar2 (10) not null,
            id_pemesan varchar2(10) not null,
            id_kereta varchar2(10) not null,
            kelas varchar2(10) not null,
            jadwal timestamp,
            no_kursi number(5) not null,
constraint pk_tiket primary key (id_tiket),
constraint fk_pemesan foreign key (id_pemesan) references pemesan (id_pemesan) on delete set null,
constraint fk_kereta foreign key (id_kereta) references kereta (id_kereta) on delete set null
);


Sumber: PPT Sistem Basis Data