Laman

Sabtu, 30 April 2011

The Power of Words


Blogger! Hehehe...setelah masalah clear, jadi semangat lagi deh buat ngepost. Nah, kali ini, aku mau share tentang sebuah video di YouTube. Gini ceritanya...
Ada seorang pengemis buta. Dia duduk di trotoar, di sebelahnya terpangpang sebuah kardus bertuliskan "I'm blind. Please help". Orang-orang yang melewatinya jarang memberi ia uang, hanya melirik sebentar, kemudian berlalu. Kalaupun ada yang memberi uang, itu hanya sedkt. Lalu, ada seorang perempuan berhenti di depan pengemis itu. Pengemis buta itu merasa ada orang yang berhenti di depannya, ia meraba sepatu orang yang berdiri di depannya untuk memastikan bahwa di depannya memang berdiri seseorang. Perempuan tersebut, tanpa berbicara mengambil kardus di sebelah si pengemis, lalu membaliknya dan menuliskan sesuatu, kemudian menyimpannya kembali. Sang pengemis buta heran karena setelah orang di depannya pergi, orang-orang yang lewat selalu memberinya uang. Hmm...mau tahu apa yang di tulis perempuan tersebut di belakag kardus si pengemis? Ya, sebenernya gak jauh berbeda artinya, hanya, pemilihan katanya lebih menyentuh. "It's a beautiful day and I can't see it". Kesimpulannya, kata-kata itu bisa merubah pandangan orang terhadap suatu hal. Change your words, change your world.
Buat yang mau liat videonya, ini nih... The Power of Words.

Rabu, 27 April 2011

Tuesday

Malam bloger. Hmm...sedang ingin nulis, tapi gak terlalu banyak inspirasi nih, gimana ya? Akhirnya ada ide deh buat cerita hal2 kecil yg dalami hari ini>>>

Hari ini bosen. Gimana enggak, dar 6 pelajaran, cuman 3 guru yang hadir, duh, berasa nggak jelas banget deh. Luntang lantung gitu di kelas. Terus sedang ada kesalahpahaman juga nih diantara beberapa orang yg melibatkan orang lain dan jadi pusng, hahaha, padahal aslinya masalah sepele, coba aja kemaren aku gak nanyain lebih lanjut ke 'juru kunci'nya, pasti gak jadi panjang deh -_- hahaha.

Terus, tadi itu loh, pas pelajaran biologi, bu Melani marah. Yaaa bukan marah juga sih, cuman keliatan udah kesel dan nggak sabar banget sama kelakuan beberapa anak kelas (terutama satu barisan yg palng kanan) yang ulahnya udah diluar batas (menurut kita sih).

Nah, satu lagi nih yang paling aku suka dari hari ini. Sektar 6 bulan yg lalu nih, kan ada pesantren kilat di sekolah, ada mentoringnya juga. Nah, di mentoring itu kita disuruh nulis beberapa keinginan kita. Aku tulis 20 keinginan. Kertas berisi keingnan2 kita itu harus ditempel di suatu tempat yang sering kita lihat, aku tempel deh di suatu tempat (secret, hehe), katanya, setelah berapa lama pasti keinginan2 itu ada yg tercapai. Aku percaya aja sih, soalnya masuk akal. Otomatis kalo kita liat kenginan2 kita itu kita bakal makin terpacu buat mencapainya dan jika kita berusaha pasti berhasil dengan izin Allah. Dan benar, setelah aku perhatikan kertas itu baik baik, kurang lebih setengah dari kenginan2 yang kutulis telah tercapai. Alhamdulillah... seneng banget pastinya. Dan sekarang aku makin termotivasi lagi buat selalu bermimpi dan berusaha menjadikannya nyata! (sebenernya sih ini topik utama kita hari ini, hehe)

Sekian dulu deh, malam blogger... :)

Rabu, 20 April 2011

Tutorial Photoshop (Membuat Header Blog)

Kali ini, materinya tentang cara membuat header blog. Cie, udah berasa pemateri aja nih, hehe. Sebenernya ini request dari Melinda, tapi jadi kepikiran untuk share sama semua sobat blogger jg deh (nah kan ketularan bahasanya Mel, hihi).

Ini dia langkah-langkahnya :
-Buka Photoshop
-Klik File
-Pilih 'New'
Rubah semua ke dalam cm seperti gambar di atas. Widthnya 20 cm, dan Heightnya 6 cm. Resolutionnya cukup 96 aja (yg gambar di atas kesalahan teknis ^^v).
-Klik 'Ok'

Nah, kita sudah punya lahan seluas 20x6 cm, tinggal mau
kita apakan lahan tersebut. Kasih gambar aja deh ya, kebetulan aku punya gambar unyu2 teddy bear dari google, hehe.
-Klik File
-Pilih Open, kemudian pilih gambar

Oke, sekarang kita lupakan dulu lahannya dan bekerja pada
gambar. Aku mau memotong gambar teddy ini nih.
-Klik 'Polygonal Lasso Tool'
-Potong bagian yg akan digunakan pada header, nanti jadi
nya seperti ini :

Bagian yg akan digunakan sudah dikelilingi oleh garis putus-putus. Setelah itu :
-Klik Layer
-Pilih 'New' kemudian Layer via Copy
-Klik dan tahan gambar tersebut, lalu geser ke lahan 20x6 kita.
Jadinya akan kecil sekali, untuk memperbesar, cukup kli
k Edit lalu pilih Transform kemudian pilih Scale, lalu perbesar gambar sesuai keinginan sambil menekan Shift agar gambar tetap simetris.


Ya, sekarang lahan kita sudah terisi oleh gambar. Jangan lupa untuk mengklik menu Layer, kemudian Flatten Image agar gambar bersatu dengan background. Untuk latihan, mungkin gambarnya satu dulu aja, jadi setelah mem-Flatten Image-kan header, bisa langsung kita save.
Untuk menambah tulisan, biasanya aku pake Coreldraw. Gini caranya :
-Buka Coreldraw
-Klik menu File
-Pilih Import
Setelah header setengah jadi kita terbuka di layar Corel, kita bisa tambahkan tulisan (Lebih enak sih kalo kita punya 'Font Xplorer Lite', jadi jenis fontnya bisa lebih beragam, tapi nggak ada pun nggak jadi masalah kok).
Nah, header tadi tinggal kita beri tulisan lalu klik menu dan pilih Export, tinggal pilih deh mau di simpan di mana.
Dan...ini dia hasilnya :D


Aaaah maklum masih pemula jadi agak gimanaaa gitu. Tapi, boleh dicoba kan? Dan aku yakin pasti temen2 semua pada jauh lebih kreatif (dan lebih jago malah, hehehe). Sekian dan tunggu tutor berikutnya :)

Selasa, 19 April 2011

There's something in my memory ♥


I wake up at night, and your shadow is come. I try to remember... if you're still here. I pray. I took your picture and stare. Your smile make ​​me even more nostalgic. If I remember you, I always pray and promise to do my best for myself, according to your last message. Being a leader for myself and useful to the world.

Jumat, 15 April 2011

lesson

Beliau berkata, "Saya ingin saat dihisab nanti, saya terkejut melihat amalan saya. Di dunia amal saya sepertinya sedikit, namun ternyata menjadi banyak karena saya menyampaikan ilmu saya". Begitu kira-kira penuturan dari pemateri mentoring gabungan di DKM At-Tarbiyah Jumat minggu lalu. Singkat memang, tapi cukup untuk bikin aku sadar betapa pentingnya membagi ilmu kepada orang lain.
Saat itu, aku mikir, kalau orang-orang bisa berdakwah, kenapa aku nggak? Irma yang sering ngajakin temen-temen sekelas buat masuk DKM dan ngingetin mereka untuk sholat, ratna juga, melinda menyampaikan ilmunya dari buku-buku yang ia baca. Aku mungkin nggak terlalu pintar berbicara, tapi aku yakin banyak cara lain untuk berdakwah dan menyampaikan ilmu. Ya, salah satunya lewat blog tercinta ini.
Semoga dengan adanya blog ini, ilmuku -meskipun masih dangkal- bisa bermanfaat untuk orang-orang di luar sana. Dan untuk teman-teman, teruslah berbagi ilmu lewat blog kita ini. Semoga ilmu yang kita salurkan bermanfaatdan menambah pahala kita. Aamiin :)

Minggu, 10 April 2011

clay :))

Blogger :) Lama banget ya aku ga nge-post? Jadi gini lo, sebenernya udah niat banget nerusin cerita 'Blogebrity on Vacation' yang kemarin, cuman... bukuku HILANG!!! Padahal semua catetan perjalanan ada di sana, huuuuh...jadi maaf banget kalo blm bs lanjutin, terutama buat bude Nani yang nungguin terus ceritanya...

Oke, sekarang aku mau share sedikit tentang kegiatan di Sabtu pagi ini. Aku bikin kue loooh, tuh tuh :

Gimana? Kira-kira enak ga tuh? Kalo kalian jawab enak, kalian salah besar! Hahaha, mungkin sepintas terlihat seperti kue asli, tapi...sebenernya itu CLAY. Dibuatnya dari adonan tepung gitu. Dapet inspirasi buat bikin yang kayak gini tuh dari Jambore Ranting minggu lalu. Di sana ada acara membuat clay, regu Melati diwakili oleh Syara (waktu itu aku mewakili yg Origami).
Ternyata, adikku gak mau kalah, dia bikin juga makanan yang mungkin bakalan bikin kita ngiler, hehehe, this is it...


Wah, kreatif juga si Ilman, hihi. Eh, ternyata, clay ini bernilai jual juga loooh :))
Gimana gimana? Tertarik untuk membuat juga? Mudah kok caranya>>>

BAHAN :
a. tepung terigu 70 gr
b. tepung tapioka 70 gr
c. tepung beras 70 gr
d. lem putih 180 gr

CARA BUAT
a. Campur tepung kemudian diayak
b. Campur tepung dengan lem kemudian uleni hingga rata
c. Campur clay dengan warna yang diinginkan, kemudian aduk sampai merata

Untuk lebih lengkap, liat aja di Rumah Craftku.
Segini dulu aja kali ya, ntar disambung lagi (berasa surat)... Bye...